Sabtu, 21 Juli 2018

RPP Teks Persuasif - KD 3.14 (Menelaah struktur dan kebahasaan teks persuasif yang berupa saran, ajakan, dan pertimbangan tentang berbagai permasalahan aktual (lingkungan hidup, kondisi sosial atau keragaman budaya, dll) didengar atau dibaca.)

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan Pendidikan
: SMPN 7 JEMBER
Mata Pelajaran
: Bahasa Indonesia
Kelas/Semester
: VIII/2
Materi Pokok
: TEKS PERSUASIF
Alokasi Waktu
: 2 x Pertemuan (2 X 45 Menit)

 A. Kompetensi Inti

KI - 1       : Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.

KI - 2    : Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.

KI - 3   : Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.

KI - 4  : Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi

KOMPETENSI DASAR
INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
3.14. Menelaah struktur dan kebahasaan teks persuasif yang berupa saran, ajakan, dan pertimbangan tentang berbagai permasalahan aktual (lingkungan hidup, kondisi sosial atau keragaman budaya, dll) didengar atau dibaca.
3.15.1. Siswa  mampu menentukan bagian struktur dan kebahasaan teks persuasif yang didengar atau dibaca.
3.14.2. Siswa mampu menyimpulkan isi bagian teks persuasif yang didengar atau dibaca.
4.14.Menyajikan teks persuasif (saran, ajakan, arahan, dan pertimbangan) secara tulis dan lisan dengan memperhatikan struktur, kebahasaan, atau aspek lisan.
4.14.1. Siswa mampu menjelaskan isi teks persuasif (saran, ajakan, arahan, dan pertimbangan) secara tulis dan lisan.
4.14.2.  Siswa mampu mempresentasikan isi teks persuasif (saran, ajakan, arahan, dan pertimbangan) secara tulis dan lisan di depan kelas.

C. Tujuan Pembelajaran

Setelah memperhatikan suatu teks drama, peserta didik dapat :

1. Menentukan bagian struktur dan kebahasaan teks persuasif yang didengar atau dibaca.
2. Menyimpulkan isi bagian teks persuasif yang didengar atau dibaca.
3. Menjelaskan isi teks persuasif (saran, ajakan, arahan, dan pertimbangan) secara tulis dan lisan.
4. Mempresentasikan isi teks persuasif (saran, ajakan, arahan, dan pertimbangan) secara tulis dan lisan di depan kelas.

D. Materi Pembelajaran

Teks Persuasif :

1. Pengertian teks persuasif
2. Langkah-langkah penyimpulan teks persuasif
3. Struktur teks persuasif
4. Kaidah kebahasaan teks persuasif

E. Metode Pembelajaran

1. Pendekatan      : Student center approach
2. Model              : Make a match
3. Metode            : Ceramah, tanya jawab, diskusi, pemberian tugas

F. Media dan Bahan Pembelajaran

1. Teks persuasif : Poster, slogan, pamflet, teks iklan (produk, layanan masyarakat, bisnis, makanan, dll).
2. Video pendek iklan produk atau komesial

G. Sumber Belajar

Kosasih, E. 2017. Bahasa Indonesia Studi dan Pengajaran Kelas VIII. Jakarta: Kemdikbud.

F. Langkah-langkah Pembelajaran

Tahap
Langkah-langkah pembelajaran
Waktu
Kegiatan Awal
I.  Merumuskan  Masalah
       1.      Guru memasuki kelas dan memberikan salam kepada siswa.
       2.      Guru mempersiapkan siswa secara fisik maupun psikis agar siap mengikuti pelajaran dengan cara mengajak siswa berdoa.
       3.      Guru melakukan absensi.
       4.      Guru memberikan motivasi terkait materi pembelajaran.
       5.      Guru menjelaskan tujuan pembelajaran.
10 menit

Kegiatan Inti
II. Merumuskan hipotesa
(Menetapkan jawaban sementara)





























III. Pencarian Data










  
































IV Menguji Jawaban Sementara
Eksplorasi
a.       Guru memberikan materi pembelajaran secara garis besar pengertian teks persuasif, struktur dan kaidah kebahasaan teks persuasif
b.      Siswa ditugaskan untuk menemukan struktur dan kaidah kebahasaan teks persuasif yang disajikan
c.       Siswa ditugaskan untuk menyimpulkan struktur dan kaidah kebahasaan teks persuasif
d.      Siswa ditugaskan untuk menemukan isi teks persuasif yang disajikan
e.       Siswa ditugaskan untuk menyimpulkan isi terks persuasif yan disajikan
f.       Siswa ditugaskan untuk membuat teks persuasif sesuai dengan struktur dan kaidah kebahasaan yang telah diditemukan

Elaborasi
    1.      Guru menyiapkan beberapa kartu yang berisi beberapa tema atau topik, satu bagian kartu soal untuk tema dan bagian lain adalah teks persuasif.
      2.      Setiap siswa mendapatkan sebuah kartu yang bertuliskan tema/contoh teks persuasif. Setiap siswa diberi materi yang berlainan.
    3.      Tiap siswa memikirkan jawaban/soal dari kartu yang dipegang.
   4.      Setiap siswa mencari pasangan kartu yang cocok dengan kartunya. Misalnya: pemegang kartu yang bertuliskan tema go green akan berpasangan dengan kartu yang bertuliskan teks persuasif “hijaukan bumi untuk masa depan anak cucu kita”.
  5.      Setiap siswa harus mencocokkan kartunya sebelum batas waktu diberi poin.
   6.      Jika siswa tidak dapat mencocokkan kartunya dengan kartu temannya (tidak dapat menemukan kartu soal atau kartu jawaban) akan mendapatkan hukuman, yang telah disepakati bersama.
     7.      Setelah satu babak, kartu dikocok lagi agar tiap siswa mendapat kartu yang berbeda dari sebelumnya, demikian seterusnya.
      8.      Siswa juga bisa bergabung dengan 2 atau 3 siswa lainnya yang memegang kartu yang cocok.
Konfirmasi
      1.      Masing-masing kelompok menyampaikan hasil kerja mereka di depan kelas atau presentasi.
      2.      Guru bersama siswa menyocokan hasil kerja dengan jawaban mereka .
      3.      Guru bersama siswa memperhatikan kebenaran hasil dari kerja mereka
      4.      Guru memberi penguatan untuk kelompok yang hasil kerjanya telah benar, dan memotivasi kelompok yang masih kurang.
20 menit



































30 menit












































20 menit

Kegiatan Penutup
  
1.    Kegiatan guru bersama peserta didik yaitu:
      a.       Membuat rangkuman/ simpulan pelajaran; (Aktivitas literasi membuat ringkasan/kesimpulan yang merupakan kegiatan literasi setelah membaca)
     b.      Melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan.
    c.       Memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran.

1.    Kegiatan guru yaitu:
         a.       Melakukan penilaian.
     b.      Merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remidi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik.
      c.       Menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya yaitu tentang Menelaah karakteristik unsur dan kaidah kebahasaan, Menyajikan drama dalam bentuk pentas atau naskah.


I. Penilaian

1. Penilaian Sikap
    a. Teknik penilaian : Observasi sikap religius
                                      Observasi sikap sosial
                                      Penilaian Diri Sendiri
                                      Penilaian Teman Sejawat
2. Pengetahuan

    a. Jenis/Teknik tes : tertulis

    b. Bentuk tes :  uaraian
        1) Tertulis
        2) Penugasan
        3) Instrumen Penilaian (terlampir)

3. Keterampilan

    a. Teknik/Bentuk Penilaian:
        1) Praktik/Performence
        2) Fortofolio
.
    b. Instrumen Penilaian (terlampir)


Mengetahui
Kepala,

................................................................
NIP: …………………………………………...
Jember,
Guru Mata Pelajaran

     Rosa Yuliana
NIM : 1610221002

Tidak ada komentar:

Posting Komentar