RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan
Pendidikan
|
:
SMPN 1 KENCONG
|
Mata
Pelajaran
|
:
Bahasa Indonesia
|
Kelas/Semester
|
:
VIII/2
|
Materi
Pokok
|
:
TEKS DRAMA
|
Alokasi
Waktu
|
:
2
x Pertemuan (2 X 45 Menit)
|
A. Kompetensi Inti
KI - 1 : Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
KI - 2 : Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
KI - 3 : Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
KI - 4 : Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
C. Tujuan Pembelajaran
Setelah memperhatikan suatu teks drama, peserta didik dapat :
1. Menemukan unsur instrisik tema dalam teks drama modern Ketika Pangeran Mencari Istri yang disajikan dalam bentuk naskah.
2. Menemukan unsur amanat dalam teks drama modern Ketika Pangeran Mencari Istri yang disajikan dalam bentuk naskah.
3. Menemukan unsur insrinsik alur dalam teks drama modern Ketika Pangeran Mencari Istri yang disajikan dalam bentuk naskah.
4. Menemukan unsur instrinsik penokohan dalam teks drama modern Ketika Pangeran Mencari Istri yang disajikan dalam bentuk naskah.
5. Menemukan unsur instrinsik dialog dalam teks drama modern Ketika Pangeran Mencari Istri yang disajikan dalam bentuk naskah.
6. Menemukan unsur instrinsik latar dalam teks drama modern Ketika Pangeran Mencari Istri yang disajikan dalam bentuk naskah.
7. Menemukan unsur instrinsik bahasa dalam teks drama modern Ketika Pangeran Mencari Istri yang disajikan dalam bentuk naskah.
8. Menemukan unsur ekstrinsik dalam teks drama modern Ketika Pangeran Mencari Istri yang disajikan dalam bentuk naskah.
9. Mempresentasikan unsur-unsur insrinsik (tema, amanat, alur, penokohan, dialog, latar, dan bahasa) dalam teks drama modern Ketika Pangeran Mencari Istri yang dibaca.
10. Mempresentasikan unsur ekstrinsik dalam teks drama modern Ketika Pangeran Mencari Istri yang dibaca.
D. Materi Pembelajaran
Drama :
E. Metode Pembelajaran
F. Media dan Bahan Pembelajaran
1. Naskah drama
2. LCD
G. Sumber Belajar
Kosasih, E. 2017. Bahasa Indonesia Studi dan Pengajaran Kelas VIII. Jakarta: Kemdikbud.
Syahputra, Irfan. 2015. Unsur-unsur drama (Intrinsik dan Ekstrinsik). Diunduh dari https://www.kelasindonesia.com/21/5/unsur-unsur-drama-instrinsik-dan-ekstrinsik lengkap.html. Diakses pada 12 Juli 2018, pukul 12.00 WIB.
Naza, Fida. 2012. UNSUR INSTRINSIK DAN EKSTRINSIK DRAMA. Diunduh dari http://fidanaza.blogspot.com/2012/05/unsur-instrinsik-dan-ekstrinsik-drama.html. Diakses pada 12 Juli 2018, pukul 12.00 WIB.
Soraya, Desriana D. 2012. Drama Teori dan Pementasan. Yogyakarta: Bintang Angkasa Putra.
H. Langkah-langkah Pembelajaran
B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
KOMPETENSI DASAR
|
INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
|
3.15 Mengidentifikasi unsur-unsur drama
(tradisional dan modern)
yang disajikan dalam bentuk pentas atau naskah.
|
3.15.1 Siswa mampu menemukan unsur instrisik tema dalam teks drama modern
Ketika Pangeran Mencari Istri yang disajikan dalam
bentuk naskah.
3.15.2 Siswa mampu menemukan unsur amanat dalam teks drama modern
Ketika Pangeran Mencari Istri
yang
disajikan dalam bentuk naskah.
3.15.3 Siswa mampu menemukan unsur insrinsik alur dalam teks drama modern Ketika Pangeran Mencari Istri yang
dibaca.
3.15.4 Siswa mampu menemukan unsur instrinsik penokohan dalam teks
drama modern Ketika Pangeran Mencari Istri yang
dibaca.
3.15.5 Siswa mampu menemukan unsur instrinsik dialog dalam
teks drama modern Ketika Pangeran Mencari Istri yang
dibaca.
3.15.6 Siswa mampu menemukan unsur instrinsik latar dalam teks
drama modern Ketika Pangeran Mencari Istri yang
dibaca.
3.15.7 Siswa mampu menemukan unsur instrinsik bahasa dalam
teks drama modern Ketika Pangeran Mencari Istri yang
dibaca.
3.15.8 Menemukan unsur ekstrinsik dalam teks drama modern Ketika Pangeran Mencari Istri yang
dibaca.
|
4.15 Menginterprestasi drama (tradisional dan
modern) yang dibaca dan ditonton/ didengar
|
4.15.1 Siswa mampu mempresentasikan unsur-unsur insrinsik (tema, amanat,
alur, penokohan, dialog, latar, dan bahasa) dalam teks drama modern Ketika
Pangeran Mencari Istri yang dibaca.
4.15.2 Siswa mampu mempresentasikan unsur ekstrinsik dalam teks
drama modern Ketika Pangeran Mencari Istri yang dibaca.
|
C. Tujuan Pembelajaran
Setelah memperhatikan suatu teks drama, peserta didik dapat :
1. Menemukan unsur instrisik tema dalam teks drama modern Ketika Pangeran Mencari Istri yang disajikan dalam bentuk naskah.
2. Menemukan unsur amanat dalam teks drama modern Ketika Pangeran Mencari Istri yang disajikan dalam bentuk naskah.
3. Menemukan unsur insrinsik alur dalam teks drama modern Ketika Pangeran Mencari Istri yang disajikan dalam bentuk naskah.
4. Menemukan unsur instrinsik penokohan dalam teks drama modern Ketika Pangeran Mencari Istri yang disajikan dalam bentuk naskah.
5. Menemukan unsur instrinsik dialog dalam teks drama modern Ketika Pangeran Mencari Istri yang disajikan dalam bentuk naskah.
6. Menemukan unsur instrinsik latar dalam teks drama modern Ketika Pangeran Mencari Istri yang disajikan dalam bentuk naskah.
7. Menemukan unsur instrinsik bahasa dalam teks drama modern Ketika Pangeran Mencari Istri yang disajikan dalam bentuk naskah.
8. Menemukan unsur ekstrinsik dalam teks drama modern Ketika Pangeran Mencari Istri yang disajikan dalam bentuk naskah.
9. Mempresentasikan unsur-unsur insrinsik (tema, amanat, alur, penokohan, dialog, latar, dan bahasa) dalam teks drama modern Ketika Pangeran Mencari Istri yang dibaca.
10. Mempresentasikan unsur ekstrinsik dalam teks drama modern Ketika Pangeran Mencari Istri yang dibaca.
D. Materi Pembelajaran
Drama :
1. Pengertian drama
2. Unsur-unsur insrinsik drama
3. Unsur ekstrinsik drama
4. Jenis teks drama
E. Metode Pembelajaran
1. Pendekatan : Inkuiri
2. Model : Jigsaw
3. Metode :
Ceramah, diskusi, tanya jawab, pemberian tugas, kerja
kelompokF. Media dan Bahan Pembelajaran
1. Naskah drama
2. LCD
G. Sumber Belajar
Kosasih, E. 2017. Bahasa Indonesia Studi dan Pengajaran Kelas VIII. Jakarta: Kemdikbud.
Syahputra, Irfan. 2015. Unsur-unsur drama (Intrinsik dan Ekstrinsik). Diunduh dari https://www.kelasindonesia.com/21/5/unsur-unsur-drama-instrinsik-dan-ekstrinsik lengkap.html. Diakses pada 12 Juli 2018, pukul 12.00 WIB.
Naza, Fida. 2012. UNSUR INSTRINSIK DAN EKSTRINSIK DRAMA. Diunduh dari http://fidanaza.blogspot.com/2012/05/unsur-instrinsik-dan-ekstrinsik-drama.html. Diakses pada 12 Juli 2018, pukul 12.00 WIB.
Soraya, Desriana D. 2012. Drama Teori dan Pementasan. Yogyakarta: Bintang Angkasa Putra.
H. Langkah-langkah Pembelajaran
Tahap
|
Langkah-langkah pembelajaran
|
Waktu
|
Kegiatan Awal
A. Merumuskan
Masalah
|
1. 1. Guru memasuki kelas dan memberikan
salam kepada siswa.
2. Guru mempersiapkan siswa secara
fisik maupun psikis agar siap mengikuti pembelajaran dengan cara mengajak
siswa berdoa.
3. Guru melaksanakan absensi.
4. Guru memberikan motivasi terkait
materi pembelajaran.
5. Guru menjelaskan tujuan
pembelajaran.
|
10
menit
|
Kegiatan Inti
II. Merumuskan
Hipotesa
(Menetapkan
jawaban
sementara)
III. Pencarian Data
IV Menguji Jawaban
Sementara
|
Eksplorasi
a. Siswa
ditugaskan untuk menemukan unsur instrisik tema dalam teks drama Ketika
Pangeran Mencari Istri.
b. Siswa
ditugaskan untuk menemukan
unsur instrisik amanat dalam teks drama Ketika Pangeran Mencari Istri.
c. Siswa
ditugaskan untuk menemukan unsur instrisik alur dalam teks drama Ketika
Pangeran Mencari Istri.
d. Siswa
ditugaskan untuk menemukan unsur instrisik penokohan dalam teks drama
Ketika Pangeran Mencari Istri.
e. Siswa
ditugaskan untuk menemukan unsur instrisik dialog dalam teks drama
Ketika Pangeran Mencari Istri.
f. Siswa
ditugaskan untuk menemukan unsur instrisik latar dalam teks drama Ketika
Pangeran Mencari Istri.
g. Siswa
ditugaskan untuk menemukan unsur instrisik bahasa dalam teks drama
Ketika Pangeran Mencari Istri.
h. Siswa
ditugaskan untuk menemukan unsur-unsur ekstrinsik dalam teks drama
Ketika Pangeran Mencari Istri.
i.
Siswa menuliskan jawaban
sementara dari permasalahan yang disampaikan di buku.
Elaborasi
1.
Guru membagi siswa menjadi beberapa
kelompok dengan anggota maksimal 8 siswa.
2.
Tiap siswa dalam satu kelompok
diberi bagian materi yang berlainan.
a. Siswa dalam satu kelompok mencari unsur instrisik tema dalam teks drama modern Ketika
Pangeran Mencari Istri yang disajikan dalam bentuk naskah.
b.
Siswa dalam satu kelompok
mencari unsur instrisik amanat dalam teks drama modern Ketika
Pangeran Mencari Istri yang disajikan dalam bentuk naskah.
c.
Siswa dalam satu kelompok mencari unsur instrisik
alur dalam teks drama modern Ketika Pangeran Mencari Istri yang disajikan
dalam bentuk naskah.
d.
Siswa dalam satu kelompok mencari unsur instrisik
penokohan dalam teks drama modern Ketika Pangeran Mencari Istri yang
disajikan dalam bentuk naskah.
e.
Siswa dalam satu kelompok mencari unsur instrisik
dialog dalam teks drama modern Ketika Pangeran Mencari Istri yang disajikan
dalam bentuk naskah.
f.
Siswa dalam satu kelompok mencari unsur instrisik
latar dalam teks drama modern Ketika Pangeran Mencari Istri yang disajikan
dalam bentuk naskah.
g.
Siswa dalam satu kelompok mencari unsur instrisik
bahasa dalam teks drama modern Ketika Pangeran Mencari Istri yang disajikan
dalam bentuk naskah.
h.
Siswa dalam satu kelompok mencari unsur eksrinsik
dalam teks drama modern Ketika Pangeran Mencari Istri yang disajikan dalam
bentuk naskah.
i.
Siswa menuliskan jawaban sementara dari permasalahan yang
disampaikan di buku.
3.
Anggota dari kelompok lain yang
telah mempelajari sub bagian yang sama berkumpul dalam kelompok baru yang
disebut sebagai kelompok ahli untuk mendiskusikan sub bab mereka.
4.
Setelah anggota dari kelompok ahli
selesai mendiskusikan sub bab bagian mereka, maka selanjutnya masing-masing
anggota dari kelompok ahli kembali
kedalam kelompok asli dan secara bergantian mengajar teman dalam satu
kelompok, mengenai sub bab yang telah dikuasai sedangkan anggota lainnya
mendengarkan penjelasan dengan seksama.
5. Siswa mencatat semua penemuannya di buku.
Konfirmasi
1.
Masing-masing kelompok menyampaikan
hasil kerja mereka di depan kelas atau presentasi.
2.
Guru bersama siswa menyocokan hasil
kerja kelompok dengan jawaban sementara yang diajukan pada awal pembelajaran.
3.
Guru bersama siswa memperhatikan
kebenaran hasil kerja kelompok dan jawaban sementara.
4.
Guru memberi penguatan untuk
kelompok yang hasil kerjanya telah benar, dan memotivasi kelompok yang masih
kurang.
|
20
menit
30
menit
20
menit
|
Kegiatan Penutup
|
1.
Kegiatan guru bersama peserta didik
yaitu:
a.
Membuat rangkuman/ simpulan
pelajaran; (Aktivitas literasi membuat
ringkasan/kesimpulan yang merupakan kegiatan literasi setelah membaca)
b.
Melakukan refleksi terhadap
kegiatan yang sudah dilaksanakan.
c.
Memberikan umpan balik terhadap
proses dan hasil pembelajaran.
1.
Kegiatan guru yaitu:
a.
Melakukan penilaian.
b.
Merencanakan kegiatan tindak lanjut
dalam bentuk pembelajaran remidi, program pengayaan, layanan konseling
dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan
hasil belajar peserta didik.
c.
Menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan
berikutnya yaitu tentang Menelaah karakteristik unsur dan kaidah kebahasaan,
Menyajikan drama dalam bentuk pentas atau naskah.
|
10
Menit
|
I. Penilaian
1. Penilaian Sikap
a. Teknik penilaian : Observasi sikap religius
Observasi sikap sosial
Penilaian Diri Sendiri
Penilaian Teman Sejawat
2. Pengetahuan
a. Jenis/Teknik tes : tertulis
b. Bentuk tes : uaraian
1) Tertulis
2) Penugasan
3) Instrumen Penilaian (terlampir)
3. Keterampilan
a. Teknik/Bentuk Penilaian:
1) Praktik/Performence
2) Fortofolio
b. Instrumen Penilaian (terlampir)
Mengetahui Jember,
17 Juli 2018
Kepala Guru Mata Pelajaran
...................................... Pramita Fara
Nuari
NIP: ............................. NIM : 1610221017
Tidak ada komentar:
Posting Komentar