Sabtu, 21 Juli 2018

RPP Teks Persuasif - KD 3.13 (3.13. Mengidentifikasi jenis saran, ajakan, arahan, dan pertimbangan tentang berbagai hal positif atas permasalahan aktual dari teks persuasi (lingkungan hidup, kondisi sosial, dan/atau keragaman budaya) yang didengar dan dibaca)

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan Pendidikan
SMPN 2 LUMAJANG
Mata Pelajaran
: Bahasa Indonesia
Kelas/Semester
: VIII/2
Materi Pokok
: TEKS PERSUASIF
Alokasi Waktu
: 2 x Pertemuan (2 X 45 Menit)

 A. Kompetensi Inti

KI - 1       : Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.

KI - 2    : Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.

KI - 3   : Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.

KI - 4  : Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi


Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
3.13.Mengidentifikasi jenis saran, ajakan, arahan, dan pertimbangan tentang berbagai hal positif atas permasalahan aktual dari teks persuasi (lingkungan hidup, kondisi sosial, dan/atau keragaman budaya) yang didengar dan dibaca

1.      Menentukan ciri umum teks persuasif
2.      Menentukan jenis teks persuasif
3.14.Menyimpulkan  isi saran, ajakan, arahan, pertimbangan tentang berbagai hal positif permasalahan aktual dari teks persuasi (lingkungan hidup, kondisi sosial, dan/atau keragaman budaya) yang di dengar dan di baca.
1.      Menyimpulkan isi teks persuasive
2.      Mempresentasikan isi teks persuasive


C. Tujuan Pembelajaran

            Pertemuan I
1.      Siswa dapat menentukan ciri umum teks persuasif
2.      Siswa menentukan jenis teks persuasif
Pertemuan II
1.      Siswa dapat membuat kesimpulan teks persuasif
2.      Siswa dapat Mempresentasikan isi teks persuasif

D. Materi Pembelajaran
1.      Pengertian teks persuasif
2.      Ciri paragraf persuasif
3.      Bentuk-bentuk teks persuasif
4.      Jenis Paragraf persuasif

E. Metode Pembelajaran

Metode Pembelajaran : Saintifik

F. Media dan Bahan

Media: LCD, Teks Persuasif.

G. Sumber Belajar

Kosasih, E. 2017. Bahasa Indonesia Studi dan Pengajaran Kelas VIII. Jakarta: Kemdikbud.

H. Langkah-langkah Pembelajaran

1. Pertemuan Pertama

Kegiatan Pendahuluan (10 menit)
a.         Peserta didik menjawab salam, dan berdoa untuk mengawali pembelajaran
b.         Guru mengecek kehadiran peserta didik
c.         Guru menanyakan pemahaman materi sebelumnya.
d.        Mengungkapkan kompetensi dasar dan indikator yang akan dicapai.

e.         Membentuk kelompok antara 4-5 peserta didik

Kegiatan Inti (70 menit)
a.     Siswa berhitung satu sampai empat kemudian siswa berkelompok berdasarkan nomor yang sama, misalnya nomor 1 dengan nomor 1, 2 dengan 2, dst.
b.      Tiap-tiap kelompok mendapat 1 amplop yang berisi potongan teks persuasif (bagian judul, alinea pembuka, alinea penjelas, alinea penutup).
c.     Setiap kelompok beradu cepat menyusun potongan bagian teks persuasif menjadi teks yang utuh disertai alasan penyusunannya baik dari segi isi maupun bahasa.
d.      Kelompok siswa yang paling cepat dan benar dalam penyusunan potongan teks persuasif mendapatkan penghargaan.
e.       Siswa mencermati penguatan tentang bagian-bagian teks persuasif yang disampaikan oleh guru.

f.  Siswa memperbaiki kerangka teks persuasif sesuai dengan tanggapan dan saran dari kelompok lain dan guru. 

Kegiatan Penutup (10 menit)
a. Guru bersama dengan siswa mengidentifikasi kelebihan dan kekurangan kegiatan pembelajaran yang telah dilakukan, serta menyampaikan tindak lanjut/perbaikan untuk kegiatan belajar berikutnya.
b.      Guru bertanya kepada siswa apakah kompetensi yang ingin dikuasai sudah tercapai.
c.    Guru memberi umpan balik kepada siswa dalam proses dan hasil pembelajaran dengan cara memberi tanda bintang kepada siswa yang berhasil menyelesaikan pekerjaannya dengan secara tepat
d.      Guru memberi penugasan untuk mencari contoh teks persuasive.

e.       Guru memberitahukan kegiatan belajar yang akan dikerjakan pada pertemuan berikutnya, yaitu menulis teks deskripsi. 

2. Pertemuan Kedua

Kegiatan Pendahuluan (10 menit)
a.         Peserta didik menjawab salam, dan berdoa untuk mengawali pembelajaran
b.         Guru mengecek kehadiran .
c.         Guru bertanya jawab dengan peserta didik tentang materi sebelumnya.
d.        Guru menyampaikan cakupan materi, yaitu struktur, unsur-unsur kebahasaan dalam teks,

e.         Membentuk kelompok antara 4-5 peserta didik

Kegiatan Inti (70)
a.       Siswa secara individual berlatih menyimpulkan bagian-bagian kerangka (persuasif) secara bertahap sesuai dengan struktur teks persuasif.
b.  Siswa dalam kelompok saling menukarkan hasil menyimpulkan bagian-bagian teks persuasif untuk menyimpulkan isi paragraf.
c.       Siswa melaporkan hasil identifikasi simpulan paragraph teks persuasif dari
d.    Siswa mencermati penguatan tentang menyimpulkan isi teks persuasif yang benar dari guru pada setiap bagian struktur teks persuasif.
e.     Siswa merevisi hasil simpulan bagian-bagian teks persuasif sesuai dengan saran/masukan dari teman sekelompoknya.
f.    Siswa menyunting teks persuasif dari aspek penggunaan kata saran, ajakan, arahan, dan pertimbangan.
g. Siswa memperbaiki simpulan teks persuasif yang ditulisnya sesuai dengan hasil menyunting.
h.   Siswa mempresetasikan hasil menulis simpulan teks persuasif di depan kelas dan kelompok lain memberi tanggapan dan saran.

i.   Siswa mencermati penguatan tentang penulisan simpulan teks persuasif yang baik dari guru. 

Kegiatan Penutup (10)
a. Guru bersama-sama siswa membuat butir-butir simpulan terkait bagian-bagian teks persuasif, penggunaan kata saran, ajakan, arahan, dan pertimbangan.
b.  Guru bersama-sama siswa melakukan identifikasi kelebihan dan kekurangan kegiatan pembelajaran yang telah dilakukan, serta menentukan perbaikan untuk kegiatan belajar berikutnya.
c.     Guru melakukan penilaian dengan teknik observasi.
d.   Guru menugasi siswa untuk membuat teks kesimpulan teks deskripsi dengan objek yang berbeda.
e.   Guru memberitahukan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya, yaitu menelaah struktur kebahasaan dan menyajikan teks persuasi (saran, ajakan, arahan, dan pertimbangan) secara tulis dan lisan dengan memperhatikan struktur, kebahasaan, atau aspek lisan.

f.      Guru menutup pembelajaran dengan doa dan salam.


I. Penilaian

1. Penilaian Sikap
    a. Teknik penilaian : Observasi sikap religius
                                      Observasi sikap sosial
                                      Penilaian Diri Sendiri
                                      Penilaian Teman Sejawat
2. Pengetahuan

    a. Jenis/Teknik tes : tertulis

    b. Bentuk tes :  uraian
        1) Tertulis
        2) Penugasan
        3) Instrumen Penilaian (terlampir)

3. Keterampilan

    a. Teknik/Bentuk Penilaian:
        1) Praktik/Performence
        2) Fortofolio

    b. Instrumen Penilaian (terlampir)


Mengetahui
Kepala,

................................................................
NIP: …………………………………………...
Jember,
Guru Mata Pelajaran

          Yulinar
NIM : 1610221006

1 komentar:

  1. Casinos with Slot Machines | VegasGrandCities
    This guide takes you through the slots machines, the slot machines, 라스 벳 and why casinos 넷마블 토토 사이트 and slot machines are 토토 사이트 the 스핀토토 best place 슬롯나라 to play.

    BalasHapus